Banyak hal yang sebenarnya kita mempunyai sebuah pilihan yang ingin kita jalani akan tetapi orang tua mempunyai pilihan lain yang harus kita jalani,bagaimana sebaiknya?

Orang tua pernah muda,ya itu adalah ungkapan yang benar bahwa faktanya dulu orang tua kita pun pernah muda dan pernah berada diposisi kita,dan sebenarnya tidak ada yang salah dengan apa yang sudah orang tua pilihkan untuk kita karena dia memang lebih tahu baik dan buruknya sesuatu,sebab dan akibat suatu pilihan dan apa yamg terbaik buat kita,tidak bisa bisa kita pungkiri bahwa jalan hidup mereka lebih jauh dibandingkan dengan kita.
Akan tetapi anak pun mempunyai pikiran sendiri,bermacam-macam orang tua ada yang selalu ingin anaknya berjalan sesuai apa yang diinginkan orang tua dengan pemikiran bahwa itulah yang terbaik untuk anaknya dan ada pula orang tua yang ingin mendengarkan lebih dulu mengenai pilihan anaknya baru mereka memberi saran dan masukan,itu akan lebih baik karena anak jadi belajar apa yang baik dan buruk,tidak ada salahnya orang tua mendengarkan apa yang anaknya pilih selama hal itu baik,orang tua pun pasti bisa saja salah meskipun apa yang dipilih untuk anaknya memang yang terbaik.
Contohnya ada anak dari keluarga polisi,dia ingin anaknya juga menjadi polisi apapun yang terjadi tanpa mendengarkan keinginan anaknya,apakah anaknya bisa sukses dengan paksaan seperti itu?jawabannya bisa,tapi saya tanya sekali lagi,apakah anaknya nyaman dengan kesuksesan itu,jawabannya belum tentu.
Itu dikarenakan anaknya harus menjalani hal yang tidak dia sukai,sama seperti tukang masak yang dari kecilnya hobi memasak dan selalu belajar memasak akan tetapi orang tuanya memaksa mereka untuk menjadi dokter bedah,meskipun mereka akan sukses dibidang itu,belum tentu mereka akan bahagia dengan apa yang mereka jalani.
Ayolah kita semua membuka pikiran kita,hobi yang dijalani seseorang sekalipun tidak membawanya kepada kesuksesan,saya jamin tetap akan membuat suatu individu bahagia,jadi kebahagiaan bukan diukur dari kesuksesan,bukan diukur dari apa yang orang tua inginkan,akan tetapi dari apa yang sebenarnya anak inginkan dan yang anak pilih untuk menjalani kehidupannya.
Orang tua harus lebih sering mendengar keinginan,keluh kesah,curhatan dan lain sebagainya dari anak,karena anak sebenarnya membutuhkan hal itu.
Semua kembali kepada diri masing-masing,mau mengejar kebahagiaan atau kesuksesan semata tanpa kebahagiaan